• MTS NEGERI 1 SIAK
  • MADRASAH MANDIRI BERPRESTASI

PELAKSANAAN UJI VALIDASI DAN UJI KETERBACAAN INSTRUMEN AKMI TAHUN 2023

Siak, Senin 28 Agustus 2023 (Humas MTsN 1 Siak) Salah satu komponen proyek peningkatan mutu pengelolaan dan layanan pendidikan madrasah pada Kementerian Agama adalah Asesemen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI). AKMI adalah asesmen untuk mengukur kemampuan siswa dalam berliterasi dan berpikir tingkat tinggi pada empat literasi yaitu Literasi Membaca, Literasi Numerasi, Literasi Sains, dan Literasi Sosial Budaya. Tahun ini, MTsN 1 Siak ditunjuk oleh Kementerian Agama sebagai lokasi uji coba keterbacaan Asemen tersebut.

Kepala MTsN 1 Siak ibu Dra. Rasmida sangat berterima kasih karena MTsN 1 Siak menjadi salah salah satu piloting project untuk mengikuti uji validasi AKMI tahun 2023, Kamis dan Sabtu (24 dan 26/8/2023) di laboratorium komputer. Seluruh siswa kelas VIII menjadi subjeknya. Dalam pelaksanaan uji validasi tersebut, siswa kelas VIII dibagi menjadi dua sesi, VIII.1-VIII.2 sesi I dan VIII.3-VIII.4 sesi II. Sesi I pukul 07.30 s/d 10.00 WIB dan sesi II pukul 10.30 s/d 13.30 WIB.

Tujuan uji validasi AKMI adalah mengumpulkan data apakah instrumen dapat digunakan untuk mengukur apa yang seharusnya diukur. Pengujian validitas tiap butir pada akhirnya digunakan untuk menganalisis instrumen oleh tim pusat sehingga diharapkan instrumen yang disusun benar-benar valid untuk mengukur apa yang akan diukur.
Uji validasi AKMI oleh kemenag ini adalah sebuah kesempatan yang harus disyukuri karena dengan demikian, para siswa sudah mulai bisa mengenali tipe instrumen asesmen kompetensi siswa madrasah (AKMI).

Sementara itu, pak Hendy Saputra, S.A.P selaku proktor menuturkan bahwa penyelenggaraan uji validasi AKMI berjalan sangat lancar dan sesuai waktu yang ditentukan para siswa sudah selesai mengikuti uji validasi.

Pesertanya adalah semua siswa kelas VIII (delapan) dan 5 orang guru sebagai pengawas yakni Dra Nurdiana (wakakur) guru matematika,  Linda Seventri,S.Pd, M.Pd sebagai Guru IPS, Balhum Mahmudi, S.Ag, MA guru Bahasa Arab, Rahma Rany, S.pd, guru Matematika, dan Khairunnisa, S.Pd guru IPS sebagai Proktor pada kegiatan tersebut adalah Hendy Saputra, S.A.P. Ditemui di ruangannya, Waka Kurikulum MTsN 1 Siak Dra. Nurdiana, menyampaikan ucapan terima kasih dan rasa bangga atas rekomendasi dari Kantor Wilayah Kementerian Agama  Riau sebagai Madrasah pelaksana AKMI sebagai uji coba keterbacaan, numerasi, sains, dan sosbud AKMI tingkat madrasah Tsanawiyah. Di samping itu ada dua madrasah lainnya di Siak sebagai madrasah pelaksana AKMI yaitu MIN 1 Siak untuk tingkat Madrasah Ibtidaiyah dan MAN 1 Siak untuk tingkat Madrasah Aliyah” jelas ibu Dra.Nurdiana.

Uji keterbacaan ini adalah proses untuk mengevaluasi seluruh konten asesmen, jenis huruf, isi soal dan kelancaran proses asesmen. AKMI adalah asesmen yang  memetakan kompetensi siswa sesuai capaian kompetensi setiap jenjang. Sistem yang digunakan AKMI otomatis memvalidasi capaian Kompetensi dari yang paling rendah hingga paling tinggi. Misalnya untuk tingkat madrasah, capaian kompetensinya level 5 hingga 9. Maka setiap siswa akan mengerjakan asesmen secara bertingkat sesuai kemampuannya sehingga dapat terlihat hasil plotting AKMI tersebut secara detail” jelas ibu Dra. Nurdiana lagi.

Pelaksanaan AKMI tindak lanjutnya adalah peningkatan kompetensi guru, maka proses uji keterbacaan ini sangatlah penting.

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU MTsN 1 SIAK TP. 2023/ 2024

Assalaamualaikum wr wb MTsN 1 Siak, Madrasah Tsanawiyah yang mengutamakan akhlak, mental, kepribadian,  kualitas, lingkungan belajar yang nyaman serta penanaman nilai-nilai Islami

21/06/2023 09:05 - Oleh Hendy Saputra, S.A.P. - Dilihat 23 kali